Deretan 7 Rekomendasi Makanan Terbaik untuk Burung

Deretan 7 Rekomendasi Makanan Terbaik untuk Burung – Memelihara burung bukan perkara mudah, meski kelihatannya tidak merepotkan namun untuk pemula, ini bisa menjadi hal yang cukup serius. Salah satunya adalah, memperhatikan asupan makanan dan gizi, membuatnya untuk tidak terlalu gemuk, hingga memperhatikan pula kandangnya.

Seperti yang Anda ketahui, bahwa jenis burung jumlahnya sangatlah banyak. Di Indonesia sendiri jumlah spesiesnya mencapai 1.700-an. Dan bagi pecinta burung, memelihara burung dengan suara yang khas adalah kelebihan tersendiri.

Baca juga: 6 Tips Saat WFH Agar Tetap Aktif dan Produktif di Rumah

Lantas, bagaimana pula dengan makanannya? Karena ternyata salah memilih asupan nutrisi, akan berpengaruh besar terutama pada kualitas suaranya. Tentunya Anda tidak ingin jika suara burung peliharaan Anda tidak nyaring dan suaranya kecil, bukan? Untuk itu, perhatikan betul makanan yang diberikan setiap harinya.

Berikut ini, Deretan 7 Rekomendasi Makanan Terbaik untuk Burung:  

1. Ulat Hongkong

Deretan 7 Rekomendasi Makanan Terbaik untuk Burung

Makanan terbaik untuk burung yang pertama adalah ulat hongkong. Pakan ini bisa Anda dapatkan dengan mudah dan harganya pun cukup terjangkau. Dan yang pasti, pakan ini juga sangat disukai oleh burung. 

Ulat hongkong juga terhitung sangat populer karena kandungannya yang sangat baik untuk burung. Didalamnya terkandung.asam lemak omega 3 serta kandungan proteinnya yang tinggi. Untuk burung kicau, pakan ini sebaiknya memang Anda pilih. 

Sayangnya, pakan ini tidak bisa diberikan setiap hari karena bisa menyebabkan burung terkena kolesterol. Sebaiknya diberikan sesekali terutama ketika akan berlaga mempertandingkan suaranya. Di mana energi serta staminanya bisa terdongkrak, hingga suara yang dihasilkan lebih prima.

2. Ulat Kandang

Deretan 7 Rekomendasi Makanan Terbaik untuk Burung

Ulat kandang merupakan pilihan makanan terbaik untuk burung selanjutnya. Meski tidak sepopuler ulat hongkong, ulat ini juga kaya akan protein, lemak, air, serta ekstrak non nitrogen yang baik dibutuhkan oleh burung.

Ini artinya, nutrisi burung bisa terpenuhi karena gizi yang tinggi yang dimiliki ulat kandang. Untuk pemberiannya sendiri bisa dilakukan pagi dan sore hari yang diletakkan di dalam wadah berbentuk cepuk. 

Pada awalnya, burung bisa saja kurang suka dengan tekstur ulat kandang yang cenderung keras. Untuk mengakalinya, Anda bisa mencampurnya dengan kroto atau jangkrik. Jika sudah terbiasa, bisa pakan lain bisa dikurangi sedikit demi sedikit, hingga burung terbiasa menyantap ulat kandang. 

Harga ulat kandang pun cukup ramah di kantong dan yang penting bisa memenuhi kebutuhan nutrisi burung, bahkan kandungannya tercatat lebih baik dari ulat hongkong.

3. Telur Semut

Deretan 7 Rekomendasi Makanan Terbaik untuk Burung

Rekomendasi makanan burung terbaik berikutnya adalah telur semut atau kroto. Untuk burung kicau, pakan yang satu ini sebaiknya memang diberikan agar bisa menjaga kesehatannya dan rajin berkicau.

Di mana telur semut mengandung kalsium, zat besi, sodium, potassium, serta vitamin B1, B2, serta niacin yang tidak akan menyebabkan kegemukan pada burung. Bahkan kandungan protein di dalamnya mencapai 8,2 gram.

Kroto juga bisa membantu burung terhindar dari stress, lesu, hingga malas dan macet untuk bersuara. Dengan 10 butir kroto setiap hari dalam kondisi segar, bersih dan tidak berbau setiap hari, akan mengembalikan stamina burung.

Untuk jenis telur semut sendiri terdiri atas 4 macam, yaitu jenis telur semut basah, halus, kasar dan telur semut kacang. Dan yang paling digemari adalah jenis kroto basah. Pastikan memberikan telur semut dalam keadaan bersih, berwarna cerah dan tidak terdapat kotoran yang biasanya mengandung pengawet yang buruk untuk tubuh burung.

Yang perlu Anda perhatikan, untuk tidak memberikan kroto setiap hari dalam jumlah yang banyak karena bisa menyebabkan obesitas. Jika ingin sedikit lebih irit bisa dicampur dengan pakan lainnya, seperti jangkrik, tepung kedelai atau voer halus.

4. Voer

Deretan 7 Rekomendasi Makanan Terbaik untuk Burung

Ini dia makanan terbaik untuk burung yang juga populer di kalangan pecinta burung, voer. Pakan ini juga biasanya digunakan oleh jenis unggas lainnya seperti ayam, bebek juga angsa. 

Voer sendiri terdiri atas dua jenis yaitu yang berprotein tinggi dan protein rendah, dan bisa diberikan sesuai dengan kebutuhan bahkan jenis burungnya sendiri. Untuk voer protein tinggi sebaiknya diberikan dengan porsi yang tidak berlebihan karena bisa menyebabkan burung malas bersuara dan Anda harus rajin memandikannya.

Sementara bila Anda memilih voer protein rendah, sebenarnya jauh lebih aman dan cocok untuk semua jenis burung, baik itu burung kontes maupun burung rumahan biasa.

Hanya saja, ada kekurangan yang akan temui ketika menggunakan keduanya. Di mana jika menggunakan voer protein rendah, kandang akan menjadi lebih cepat kotor sehingga harus lebih sering membersihkannya. Lain halnya bila menggunakan voer protein tinggi yang jumlah kotorannya tidak terlalu banyak dan agar cair.

5. Buah-Buahan

Deretan 7 Rekomendasi Makanan Terbaik untuk Burung

Buah-buahan juga merupakan makanan terbaik untuk burung karena mengandung banyak vitamin. Adapun jenis buah yang tepat untuk diberikan adalah mangga, delima, apel, blewah, juga nanas.

Pastikan Anda memberikan buah yang segar agar terhindar dari bakteri, yang bisa menimbulkan hal buruk pada burung. Dan yang pasti, jangan memberikan buah yang mengandung banyak gula seperti anggur misalnya karena tidak baik untuk burung.

Anda juga bisa memberikan buah lainnya seperti pepaya atau pisang, namun kedua buah ini lebih cepat matang dan cenderung lebih cepat busuk, sehingga tidak baik untuk burung. 

6. Kacang-Kacangan

Deretan 7 Rekomendasi Makanan Terbaik untuk Burung

Jenis lainnya yang bisa Anda berikan pada burung adalah kacang-kacangan. Saran penyajian untuk burung, baiknya kacang direbus terlebih dahulu kemudian didinginkan baru diberikan setelah dingin.

Kandungan serat dan protein nabati yang tinggi di dalam kacang, baik untuk burung. Selanjutnya pastikan kacang yang diberikan tidak bercampur dengan bumbu apapun.

7. Sayuran

Deretan 7 Rekomendasi Makanan Terbaik untuk Burung

Pada dasarnya, burung juga senang makan sayuran dan ini tentu saja sesuai dengan habitat aslinya. Anda bisa memberikan sayuran segar burung-burung Anda. 

Jenis sayuran yang bisa diberikan di antaranya wortel, brokoli, bunga kol, daun sawi, mentimun, jagung muda, oyong, hingga cabai merah.

Rasa pedas dari cabai sendiri memang tidak akan terasa apapun di lidah burung karena memang tidak memiliki indera perasa. Anda bisa memberikan cabai secara utuh atau hanya bagian luarnya saja dengan membuang bijinya terlebih dahulu, sebagai makanan terbaik untuk burung.

Daun mengkudu juga baik untuk burung, bahkan untuk jenis burung kenari sangat mengaguminya. Daun obat ini juga dikenal baik untuk burung karena bisa melancarkan saluran pernapasan dari kotoran dan kuman. Sehingga suara yang dihasilkan bisa lebih jernih dan tajam.

Sama halnya dengan daun selada yang juga digemari para burung. Kandungan antioksidan di dalamnya juga baik untuk burung karena mampu menangkal radikal bebas hingga mampu meningkatkan asupan udara yang lebih segar. 

Untuk burung kenari yang sering diberi pakan ini, biasanya memiliki bulu yang cerah dan indah. Yang pasti, karena sayuran jenis pakan yang aman, maka bisa diberikan setiap hari.

Itu dia deretan 7 rekomendasi makanan terbaik untuk burung. Anda juga bisa memberikan kecambah organik yang bersih dan segar pada peliharaan Anda yang satu ini.

Jika ingin mengetahui lebih lanjut tentang flora dan fauna bisa kunjungi link eisenfeuer.com, karena disini banyak pilihan untuk mengetahui lebih lanjut tentang flora dan fauna.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansSuka
2,676PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles